Pancar.id : Lentera Inspirasi


Ada berjuta informasi yang berebut tempat di ruang-ruang media sosial. Setiap saat menembus ke dalam sel-sel retina atau menyusup ke gendang telinga. Diundang atau tidak, informasi-informasi itu datang begitu saja. Datang tiba-tiba membawa segala kabar: baik dan buruk. Suka atau tidak, mau tak mau jadi terbaca.


Pancar.id hadir dengan spirit berbeda. Ada nilai-nilai kebaikan yang ingin disebarkan. Ada motivasi dan inspirasi yang harus diketahui banyak orang. Setelah malam didekap gelap, pagi datang membawa terang bersama embun yang menyemai harapan. Jangan bersedih. Selalu ada jalan keluar dari semua keruwetan hidup ini.


Sejatinya, inpsirasi itu sangat dekat dengan kita. Tinggal menyalakan kepekaan rasa. Pemantiknya ada dalam caraka yang setiap waktu mampir di beranda sosial media. Saatnya mengasah rasa. 


Ada kembara agar kita makin bahagia, yang sejatinya tujuan kita dicipta di bumi adalah untuk untuk menjadi pengembara. Temukan bara teladan dalam lokacitra, sampaikan gagasan melalui sketsa dan kita sama-sama berjuang memanusiakan manusia melalui humaniora.


Pancar itu nama energi yang memiliki kekuatan sendiri. Spirit keteguhan, pelopor, dan pondasi yang kokoh mengakar menjadikan pancar.id sebagai media online alternatif. Kami menyajikan fakta sekaligus mengemas fiksi. Memeluk mimpi melalui narasi. Menjadi bagian dari noktah pencerahan untuk peradaban. Menyalakan lentera inspirasi yang menerangi jalan setiap orang. Semoga.


Rubrikasi :


CARAKA

Kendati zaman telah berganti, tapi cahaya "Hanacaraka" tak pernah pudar. Legenda Aji Saka yang mengabadikan rasa terima kasihnya atas kesetiaan abdi dalemnya dengan mencipta hana caraka.


Caraka, kata yang bermakna utusan, duta, atau pengantar pesan, ini memiliki fungsi vital seperti aliran darah yang merasuk di setiap pori-pori. Penentu jalannya urat nadi dari sebuah ekosistem. Dengan caraka, tanda-tanda kehidupan tentu masih ada. 


Caraka didefinisikan sebagai pekerjaan mengantar suatu pesan, mengirim dokumen penting atau surat berharga. Di tengah derasnya arus informasi, kami berfungsi sebagai pembawa kabar kepada jutaan orang yang sedang online. Bukan cuma mengabarkan kabar terkini dan terbarukan, namun juga informasi yang menginspirasi.


KEMBARA

Bergerilya menemukan destinasi wisata itu adalah sesuatu banget. Satu dari sekian banyak nikmat Tuhan yang tak bisa kita dustakan. Dan Indonesia adalah tempatnya. Mengekspolarasi wisata, kuliner, atau ragam kekhasan daerah. Jelajahi itu semua dengan dengan pesona kembara tiada tara.


Kembara tak hanya bicara tentang eksplorasi yang sudah viral semata. Lebih dari itu, mengupas beragam potensi wisata dan kuliner di sekitar kita. Tak harus mahal merogoh kocek dalam. Hanya recehan tapi bisa berpotensi cuan milyaran.


Temukan eskotisme kehidupan melalui kembara. Menjadi manusia bahagia yang sejatinya diciptakan untuk menjadi pengembara. Menjelajah semesta seperti firman-Nya: "Bertebaranlah kalian di muka bumi ini."


LOKACITRA

Menuliskan profil personal apa adanya. Sesuatu yang originial akan menyentuh hati. Profil siapa saja yang akan membakar spirit orang sekitarnya. Tak harus tokoh mendunia hingga namanya diabadikan Google Doodle, misalnya.


Saat derasnya arus informasi yang nyaris membuat kering ruhani, lokacitra diharapkan jadi oase di tengah gersangnya teladan. Kita butuh teladan, butuh asupan motivasi, semangat, dan pada akhirnya bisa mengenal lebih dekat, menghargai, dan menghormati tokoh yang telah berjuang sesuai dengan bidangnya.


Harus diakui, belajar kepada tokoh akan membuat motivasi lebih membara. Kisah sukses orang lain akan menjadi pemicu semangat. Mengenal tokoh akan mendapatkan inspirasi secara langsung, menghargai nilai-nilai kehidupan, dan pada akhirnya akan menjadi diri sendiri yang paripurna. 


SKETSA

Mari berbagi nalar. Tuliskan pikiranmu dalam ragam jenis opini. Bentuknya bisa apa saja; apakah artikel opini, tajuk rencana, resensi buku, surat pembaca, atau kolom yang memuat disiplin keilmuan tertentu.


Kami menyediakan wadah untuk bertukar gagasan. Menggagas, bergerak, berubah. Dari gagasan ke gerakan, dari gerakan untuk perubahan. Dari perubahan ke kebangsaan, dari kebangsaan ke peradaban.


HUMANIORA

Rubrik ini berisi suguhan karya jurnalistik yang mengangkat tema kemanusiaan, kebudayaan, dan falsafah kehidupan. Tentang di mana pun, kapanpun, dan kepada siapapun. Cerita tentang makna-makna yang menyadarkan kemanusiaan kita.


Tahu tentang kemanusiaan akan semakin yakin bahwa hujan gerimis tidak akan mengganggu mereka yang pernah dihantam badai. Momentum tepat untuk membuat kita menunduk ke tanah. Bukan tanda menyerah, tapi ancang-ancang untuk berlari kencang jadi pemenang.