Cara Nadya Hutagalung Peduli Lingkungan

Pancar.id, 30 September 2022 15:38:44
Penulis : Yuli Riza
Cara Nadya Hutagalung Peduli Lingkungan
Sumber Foto: Instagram/@nadyahutagalung

 

Pancar.id - Dikenal sebagai super model cantik berdarah campuran Batak dan Australia. Berbanding lurus dengan prestasinya yang mendunia, dia juga patut dijadikan teladan soal kepeduliannya pada lingkungan.

Adalah Nadya Yuti Hutagalung atau yang lebih dikenal dengan nama Nadya Hutagalung. Perempuan cantik ini sudah membuktikan kepeduliannya terhadap lingkungan.

Ia telah berkontribusi secara langsung pada berbagai kampanye yang dilakukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Nadya Hutagalung juga disebut-sebut giat berkeliling ke pusat konservasi hewan yang ada di berbagai negara dunia. 

Ditengah kesibukannya, Nadya Hutagalung juga masih aktif dalam komunitas UN Environment Godwill Ambassador, sebuah komunitas yang didalamnya berisikan jajaran aktivis lingkungan yang berfokus dalam melindungi hewan langka dan masih memiliki habitat di Indonesia.

Selain dikenal sebagai model, wanita kelahiran 28 Juli 1974 itu juga merupakan seorang presenter, bintang iklan, aktris, sekaligus mantan VJ MTV Asia.

Ia juga menjadi salah satu VJ pertama saat awal mengudaranya MTV Asia pada 1995-an. Perjalanan karir wanita yang sangat hobi membaca ini terhitung sangat berliku. Bahkan, ia juga harus melewati banyak tantangan demi menggapai impiannya.

Putri dari pasangan Ricky (ayah) dan Dianne (ibu) mengawali karier sebagai model di Tokyo, Jepang saat dirinya masih berusia 12 tahun. Kemudian saat usianya menginjak 21 tahun, Nadya berhasil terpilih sebagai VJ MTV Asia di Singapura. 

Setelah itu, kariernya mulai berkembang. Salah satunya, Nadya Hutagalung membintangi iklan produk kecantikan seperti Lux dan Pond's Gold Radiance. 

Namanya makin moncer. Nadya turut terjun ke dunia layar lebar dengan membintangi beberapa film seperti The Leap Years (2008), Zero Hero (2011), dan Let Elephants Be Elephants (2014).

Bisa dikatakan, Nadya jarang sekali tampil di televisi nasional. Pasalnya saat ini ia tinggal di Singapura sekaligus menjadi juri dan pembawa acara dari Asia's Next Top Model. Di luar itu, ia juga aktif sebagai duta lingkungan hidup United Nations Environment Programme (UNEP) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca: Novieta Tourisia, Desainer Berprinsip Sustainable Fashion

Nadya Hutagalung menikah dengan seorang atlet renang asal Singapura, Desmond Koh di Uma Ubud, Bali pada 16 Desember 2006. Dari hasil pernikahannya, mereka pun kini telah mempunyai seorang anak bernama Nyla yang dilahirkan pada Maret 2008. Ia juga memiliki dua orang anak dari pernikahan sebelumnya bernama Tyrone (1994) dan Fynn (2003).

Tak hanya menjadi seorang model, presenter hingga duta lingkungan, ia juga terjun ke dunia entrepreneur dengan meluncurkan produk perhiasan yang dinamakan OSEL yang berarti Cahaya Jernih. Menariknya, wanita yang dikenal jago memasak ini ternyata memiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga lingkungan mulai dari hal-hal kecil. 

Salah satu bentuk kepeduliannya, adalah selalu membawa sedotan kaca ke mana pun ia pergi agar tidak menggunakan sedotan plastik sekali pakai. Selain itu, Nadya banyak menulis kisah tentang perjalanan hidupnya sejak awal karirnya di dunia modeling hingga partisipasinya dalam dunia lingkungan dan satwa terutama Orang Utan dan Gajah. 

Nadya pun menuangkan kisah perjalanan hidupnya itu ke dalam sebuah buku berjudul Walk With Me yang pertama kali terbit pada 2018. Dalam buku yang diterbitkannya itu, para pembaca dapat melihat kehidupan Nadya beserta keluarga dan para sahabatnya. 

Buku hasil karya Nadya tersebut sudah dicetak 2 kali, dimana dalam cetakan keduanya telah ditambahkan bab tentang kesehatan mental. Melalui buku itu, Nadya ingin berbagi tentang fokusnya dalam meningkatkan betapa pentingnya emotional well-being. 

Buku bertajuk Walk with Me ini seolah memberikan bermacam sisi kehidupan Nadya dalam 7 bab dan ketujuh bab itu dianggap mewakili kisah perjalanan Nadya selama berkarir selama lebih dari 30 tahun. Berkat kerja keras yang dilakukannya selama ini, Nadya pun berhasil terpilih sebagai salah satu Pembuat Tren Terkemuka di Asia (Asia's Leading Trendmakers) oleh Asiaweek.

Nadya dinilai memiliki kemampuan dalam menginspirasi dan memberikan pesonanya bagi masyarakat. Pada 1997-an, Nadya juga meraih Best Light Entertainment Presenter Award di Asian Television Awards. Di tahun yang sama, ia juga terpilih sebagai Showtime Personality of the Year oleh The New Paper Singapura, dan Singapore's Most Gorgeous Woman oleh pembaca majalah Female. 

Belakangan Nadya juga dinobatkan sebagai salah satu dari sepuluh besar "Bintang Cemerlang" di Televisi Indonesia oleh Tabloid Bintang dan ia menjadi pembawa acara Global Groove di MTV USA.

Pada 2009, Nadya terpilih sebagai salah satu dari 20 orang paling berpengaruh di Singapura oleh CNN, dan di tahun yang sama dia juga dianugerahi gelar Best TV Host oleh majalah ELLE. Kemudian pada 2012, MNC Lifestyle Channel menganugerahi Nadya dengan MNC Lifestyle Awards dikarenakan perannya dalam memberi inspirasi bagi seluruh wanita Indonesia.

Lagi-lagi Nadya mendapatkan penghargaan dari Singapore Innovation Park dalam acara SIP Fellow Awards sebagai pengakuan atas pencapaiannya yang luar biasa sebagai pembuat perubahan, pemimpin pemikiran dan tindakan, yang membentuk dunia yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan lebih baik.

Silakan tonton berbagai video menarik di sini:


Berita Terkait

Menelusuri Kisah Sukses Martin Reyhan Suryohusodo: Pendiri Otoklix di Forbes 30 Under 30

2024-02-19 11:37:47

Ronny Lukito: Perjalanan Gemilang dari Berjualan Susu hingga Memimpin Eiger

2024-02-16 17:31:21

Kisah Sukses Ronald dalam Membantu Petani Kopi Colol

2024-02-15 18:32:53

Kisah Inspiratif: Yaumi Fauziah Sugiharta, CEO Muda di Dunia Perawatan Kulit

2024-02-09 11:47:44

Kisah Sukses Steven Wongsoredjo: Membangun Aplikasi Super dari Nol

2024-02-07 11:37:01

Kisah Inspiratif Eko Pujianto: CEO Muda di Balik Sukses Kebab Turki Baba Rafi

2024-02-06 11:31:39

Anugrah Pakerti: Inspirasi Kesuksesan di Dunia Skincare Indonesia

2024-02-05 13:01:03

Yasa Paramita Singgih: Perjalanan Inspiratif dari Kegagalan ke Kesuksesan

2024-02-01 11:41:23

Shinta Nurfauzia: Membangun Mie Lemonilo dari Nol Hingga Puncak Kesuksesan

2024-01-31 12:38:56

Kisah Sukses Anderson Sumarli di Dunia Investasi

2024-01-30 12:24:03

Kevin Aluwi: Membangun Kesuksesan di Panggung Bisnis Teknologi Indonesia

2024-01-29 11:58:51

Adi Utarini: Ilmuwan Indonesia di Puncak Kesuksesan Melawan Demam Berdarah

2024-01-24 12:01:34

Kisah Melati Wijsen: Menginspirasi Jutaan Orang untuk Tolak Sampah Plastik

2024-01-19 12:04:24