Pancar.id – TikTok Shop telah resmi kembali ke Indonesia setelah PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) dan TikTok mengumumkan kemitraan strategis. Pedagang dapat mulai menjual produk mereka kembali pada hari ini, Selasa (12/12).
Sebagai bagian dari kemitraan tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah PT Tokopedia, dengan TikTok mengendalikan PT Tokopedia. Layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.
Dalam keterangan resmi Senin (11/12/2023), disebutkan bahwa TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar sebagai komitmen jangka panjang tanpa mengurangi kepemilikan GoTo di Tokopedia.
Manajemen TikTok Shop memberikan pemberitahuan kepada pedagang untuk kembali berjualan. Pedagang dapat mengelola produk mereka di Seller Center mulai Senin (11/12/2023) pukul 09.00 WIB.
Baca: TikTok Shop Bersiap Buka Kembali di Indonesia Setelah Pembaruan Regulasi
Para pedagang diminta mempersiapkan toko mereka dengan menonaktifkan mode liburan yang diaktifkan secara otomatis selama periode non-aktif. Mereka juga disarankan untuk meninjau dan memperbarui inventaris serta penawaran produk di pusat penjual, serta menghubungkan produk ke Video Pendek dan sesi Live.
Pelanggan dapat membeli produk melalui Shop Tab, Video Pendek, dan sesi Live di Aplikasi TikTok pada Selasa (12/12/2023), tanpa perlu menginstal aplikasi baru atau membuat akun baru.
Kemitraan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengguna dan pelaku UMKM di Indonesia. Pertumbuhan bisnis Tokopedia bersama TikTok Shop diharapkan membawa keuntungan bagi GoTo, yang tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia.
Kemitraan strategis ini akan diuji coba dengan program Beli Lokal, dimulai pada 12 Desember 2023, sejalan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Program ini akan mempromosikan berbagai jenis pedagang, dengan fokus pada produk asli Indonesia di aplikasi TikTok dan Tokopedia.