Kisah Sukses Fea Rini, Bangun Bisnis Mobileclass di TikTok

Pancar.id, 11 June 2023 15:09:51
Penulis : Yuli Riza
Kisah Sukses Fea Rini, Bangun Bisnis Mobileclass di TikTok
Sumber Foto: Instagram/@fearini


Pancar.id, Sumatra Barat - Usaha tak mengkhianati hasil. Mungkin hal itu gambaran tepat yang kini tengah dirasakan oleh sosok wanita tangguh yang satu ini. Adalah Fea Rini Purwaningrum. Wanita kelahiran Bukittinggi, Sumatra Barat ini harus menempuh perjalanan berliku-liku untuk bisa sampai ke titik saat ini.

Ya, sebelum sukses menjadi konten kreator dengan ribuan followers di media sosial TikTok dan memiliki bisnis sendiri, ada perjuangan tak kenal lelah yang dilakukan wanita berusia 32 tahun itu.

Fea sapaan akrabnya, banyak menghabiskan masa mudanya untuk selalu belajar, bekerja, dan berusaha. Hal itu tak lain dilakukannya hanya untuk menaikkan derajat keluarganya.

Terlahir dari keluarga yang memiliki keterbatasan ekonomi, membuat Fea kerap sekali mendapat perlakuan yang tidak mengenakan. Bahkan ia sempat menjadi korban bullying saat masih duduk di bangku sekolah.

Meskipun begitu, wanita yang kini selalu aktif membuat konten di Tiktok itu dahulunya dikenal sebagai seorang siswi berprestasi. Berkat prestasinya jugalah ia berhasil masuk perguruan tinggi lewat jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

Namun sayangnya, Fea tak mampu melanjutkan kuliahnya dikarenakan keterbatasan ekonomi. Diketahui, Fea sendiri merupakan anak pertama dari empat bersaudara. Lahir sebagai anak yang paling tua, mengharuskannya untuk bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari orang tuanya sekaligus juga membiayai pendidikan adik-adiknya.

"Saya rela bekerja apapun yang penting halal agar bisa memenuhi kebutuhan keluarga saya. Saat itu saya bekerja serabutan, mulai dari mengumpulkan baterai bekas untuk dijadikan pupuk, hingga menjadi pembantu di kantor pos dengan upah yang dibayar secara sukarela," kata Fea.

Demi menggapai cita-citanya, pemilik akun TikTok @fearini_ownermc ini pun melanjutkan pendidikannya ke jenjang kuliah hasil keringatnya sendiri dengan bekerja sampingan dan berjualan pulsa di kampus.

Melalui prestasi akademiknya, Owner bisnis Mobileclass by Fea Rini itu akhirnya berhasil meraih peringkat pertama dalam ujian tertulis. Tak hanya itu saja, ia juga mendapatkan beasiswa dari hasil kerja sampingannya.

Baca: Kisah Namira Purba dan Pengabdiannya Pada Lingkungan

"Saat semester 5, saya sempat bekerja di beberapa perusahaan bonafit, dan sembari menjual produk perawatan kulit di Facebook. Alhamdulillah produk yang saya jual laris manis, sampai banyak orang yang ingin belajar bagaimana cara saya berjualan. Jadi bisa dibilang, ini merupakan awal mula tercetusnya ide untuk mendirikan Mobileclass," ungkapnya.

Dikarenakan banyaknya orang yang ingin belajar dengan Fea, ia lantas memutuskan untuk membuat grup di Line. Hal itu dilakukannya agar ia bisa lebih mudah dalam berbagi ilmunya. Akan tetapi sayangnya, kelas yang dibuatnya itu tak berlangsung lama. Alasannya, karena bisnis yang ia jalani malah mengalami kebangkrutan.

Sebagai wanita pekerja keras yang tak kenal kata menyerah, Fea justru tetap semangat melangkah kedepan dengan terus belajar dan memperbanyak pengalamannya. Diketahui, ia juga pernah menjadi reseller piyama internasional hingga berhasil menjual ribuan pcs produk per harinya.

Mulai dari sanalah, Fea belajar tentang strategi yang efektif dalam berjualan di marketplace Shopee hingga menjadi star seller dengan target omzet sebesar Rp50 juta. Setelah ia merasa sudah memiliki ilmu yang cukup, Fea pada akhirnya bertekad untuk membuka kelas bimbingan bisnis yang kini dikenal dengan nama Mobileclass by Fea Rini.

Meskipun saat ini telah mendulang kesuksesan, Fea sendiri selalu mengikuti setiap perkembangan media sosial, dan mempelajari strategi penjualan produk yang efektif. Hal itu dilakukan agar para peserta Mobileclass-nya bisa mendapatkan ilmu terbaru.

Selain itu juga, melalui kelas bimbingannya dengan akun Instagram @mobileclass_id, Fea telah membuka pintu bagi mereka yang sebelumnya merasa terjebak dalam keterbatasan ekonomi hingga berhasil menemukan celah untuk menggapai kehidupan yang lebih baik.

Pasalnya, dalam kelas tersebut, para peserta akan belajar tentang strategi afiliasi TikTok, pemasaran digital, branding, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak hanya mengubah nasib orang lain, Fea juga menjadi sosok yang inspiratif dalam dunia Content Creator. 

Bagaimana tidak, sebagai seorang ibu rumah tangga, ia justru berhasil mengimbangi perannya sebagai seorang Content Creator, sekaligus pemilik bisnis. Ia pun turut membuktikan bahwa segala mimpi pasti dapat dicapai, tanpa peduli latar belakang atau keterbatasan yang dimiliki.

Fea juga berharap dapat terus mengembangkan Mobileclass-nya, dan dapat memberikan lebih banyak lagi kesempatan kepada orang-orang yang ingin mengubah hidup mereka lewat usaha dan kerja keras.

Berita Terkait

Menelusuri Kisah Sukses Martin Reyhan Suryohusodo: Pendiri Otoklix di Forbes 30 Under 30

2024-02-19 11:37:47

Ronny Lukito: Perjalanan Gemilang dari Berjualan Susu hingga Memimpin Eiger

2024-02-16 17:31:21

Kisah Sukses Ronald dalam Membantu Petani Kopi Colol

2024-02-15 18:32:53

Kisah Inspiratif: Yaumi Fauziah Sugiharta, CEO Muda di Dunia Perawatan Kulit

2024-02-09 11:47:44

Kisah Sukses Steven Wongsoredjo: Membangun Aplikasi Super dari Nol

2024-02-07 11:37:01

Kisah Inspiratif Eko Pujianto: CEO Muda di Balik Sukses Kebab Turki Baba Rafi

2024-02-06 11:31:39

Anugrah Pakerti: Inspirasi Kesuksesan di Dunia Skincare Indonesia

2024-02-05 13:01:03

Yasa Paramita Singgih: Perjalanan Inspiratif dari Kegagalan ke Kesuksesan

2024-02-01 11:41:23

Shinta Nurfauzia: Membangun Mie Lemonilo dari Nol Hingga Puncak Kesuksesan

2024-01-31 12:38:56

Kisah Sukses Anderson Sumarli di Dunia Investasi

2024-01-30 12:24:03

Kevin Aluwi: Membangun Kesuksesan di Panggung Bisnis Teknologi Indonesia

2024-01-29 11:58:51

Adi Utarini: Ilmuwan Indonesia di Puncak Kesuksesan Melawan Demam Berdarah

2024-01-24 12:01:34

Kisah Melati Wijsen: Menginspirasi Jutaan Orang untuk Tolak Sampah Plastik

2024-01-19 12:04:24