Aplikasi SIGNAL Diluncurkan, Bayar Pajak Kendaraan Bisa Online

Pancar.id, 15 March 2023 15:10:44
Penulis : Yuli Riza
Aplikasi SIGNAL Diluncurkan, Bayar Pajak Kendaraan Bisa Online
Sumber Foto: Autofun


Pancar.id, Jawa Barat - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo baru saja meresmikan peluncuran aplikasi SIGNAL yang dilaksanakan di Ballroom Transluxury Hotel, Bandung, Jawa Barat, Selasa 14 Maret 2023.

Diketahui, SIGNAL atau Samsat Digital Nasional merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Aplikasi ini juga diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Tahunan. 

Selain pembayaran pengesahan STNK Tahunan, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), serta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

"Kehadiran SIGNAL ini tentunya menjawab tantangan di era digital sekaligus juga sebagai upaya dalam mewujudkan transparansi. Untuk saat ini perpanjangannya bisa menggunakan online, akan tetapi ke depannya kita sedang mengarah ke perpanjangan online dan STNK elektronik. Ini yang sedang kita siapkan," kata Listyo sebagaimana dilansir dari laman GNFI.

Mantan Kapolda Banten itu juga memaparkan bahwa sebelumnya, Korlantas Polri sudah terlebih dahulu menerbitkan e-AVIS, aplikasi khusus untuk ujian teori Surat Izin Mengemudi (SIM). 

"Kita memberikan modul pelatihan di dalamnya. Sehingga masyarakat pun bisa mengerti, dan jika nanti ada pertanyaan, maka di situ juga dijelaskan panduannya," paparnya.

Berbicara tentang aplikasi SIGNAL, dilansir dari laman Samsatdigital.id, dalam pengoperasiannya, aplikasi SIGNAL ini akan memanfaatkan pangkalan data kendaraan bermotor (ranmor) yang dimiliki Polri, pangkalan data induk kependudukan dari Dirjen Dukcapil Kemendagri, serta sistem informasi pajak ranmor yang dikelola oleh seluruh Badan Pendapatan Daerah Provinsi.

Baca: Tahun Ini, Mudik Gratis untuk Sepeda Motoe Diluncurkan Kembali

Semua data tersebut akan terintegrasi secara nasional sebagai sebuah sistem kecerdasan buatan. Selain itu, sistem yang digunakan pada aplikasi SIGNAL juga akan memungkinkan pemilik ranmor melakukan verifikasi identitas melalui fitur pencocokan wajah (face matching) sesuai dengan data Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik di Kemendagri.

Lalu, bagaimana cara membayar pajak kendaraan di aplikasi SIGNAL?

Sebelum dapat membayar pajak kendaraan melalui aplikasi SIGNAL, Anda harus melakukan registrasi pengguna terlebih dahulu dengan:

1. Masukkan data pribadi, mulai dari NIK Nama sesuai dengan e-KTP, alamat email, nomor handphone, masukkan kata sandi, ulangi kata sandi

2. Masukkan foto e-KTP

3. Verifikasi biometrik wajah dengan melakukan swafoto

4. Masukkan OTP yang dikirimkan melalui layanan SMS

5. Setelah pendaftaran berhasil, lakukan verifikasi ulang dengan meng-klik tautan yang dikirimkan oleh SIGNAL ke alamat email

Sementara itu, untuk cara pembayaran dokumen mulai dari melakukan Generate Kode Bayar, lalu pilih Salah Satu Bank, dan Pilih "Lanjut". Setelah itu akan tampil Cara Pembayaran, dan terakhir pilih "Lanjut".

Selanjutnya bagi Anda yang ingin mendaftarkan kendaraan milik sendiri bisa memilih menu Tambah Data Kendaraan Bermotor pada aplikasi SIGNAL. Kemudian pilih kendaraan atas nama sendiri, masukkan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor, terakhir masukkan 5 digit terakhir nomor rangka.

Berita Terkait